Kategori

Gunungan

Diposkan oleh On 1:11 AM

Gunungan yang dimaksud disini bukan gunung-gunungan namun semacam tumpukan makanan yang dibuat mengerucut persis seperti gunung. Bahan-Bahan yang digunakan untuk membuat gunungan bermacam-macam, ada yang terbuat dari buah-buahan, ada yang terbuat dari sayur-sayuran dan ada pula yang terbuat dari ingkung ayam. Pokoknya macem-macem deh. Nanti akan saya tunjukkan gunungan yang saya maksud dari berbagai sumber. Agar pembaca setia Sanggar Pacul dapat mengetahuninya. Sekilas tentang gunungan, awalnya melihat nasi tumpeng yang biasa untuk hajatan itu menginspirasi para pembuat gunungan. Ada pula yang memang ide ini muncul dengan sendirinya. Saat saya masih belajar di Jawa Timur tepatnya di Desa Tulungrejo Pare Kediri. Saya tanya pada salah satu warga bahwa gunungan itu untuk merayakan pesta panen. Mengenai bentuknya sebenarnya bebas saja, itu hanya teknik menumpuknya saja. Intinya mereka yang panen ingin berbagi hasil panen dengan mengadakan arak-arakan gunungan yang berisi hasil panen. Menurut saya metode amal sedekah seperti ini bisa dilestarikan dan patut mendapatkan apresiasi. Semoga amal jariah mereka diterima Allah SUbhanahu Wata'ala. Amin.

Berikut Gambar bentuk-bentuk Gunungan

gunungan Sayur-sayuran (sinar-pagi-news.blogspot)

Gunungan Ikung Ayam (radarjogja.co.id)

gunungan buah dan sayuran (wisata.kompasiana.com)

gunungan buah-buahan (kabar17.com)

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.